You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Margasari
Desa Margasari

Kec. Ciawi, Kab. Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat

Selamat Datang di Sistem Layanan Informasi Desa Margasari Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya

Kampung Siaga Bencana (KSB) Desa Margasari

Administrator 06 Juni 2022 Dibaca 117 Kali
Kampung Siaga Bencana (KSB) Desa Margasari

Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) dilaksanakan di Desa Margasari Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya.

Kegiatan KSB ini dilaksanakan mulai tanggal 17 sampai dengan 19 Mei 2022, yang pembentukannya dalam rangka pengurangan resiko bencana melalui peningkatan kapasitas masyarakat dalam menanggulangi bencana.

Terdapat berbagai macam agenda dalam kegiatan ini, diantanya : Kegiatan Penyuluhan, Latihan Keterampilan Evakuasi, Manajemen Shelter, Distribusi Logistik atau Dapur Umum, Pelayanan Dukungan Psikososial, serta Kegiatan Simulasi dan Pemberian Bantun Logistik Persediaan untuk Kampung Siaga Bencana tersebut.

Pada Pelatihan Keterampilan Evakuasi, para anggota masyarakat Tim KSB dibekali juga dengan penyusunan peta kawasan atau jalur evakuasi dan pengungsian, potensi dan sumber penanggulangan bencana, serta Standar Oprasional Prosedur (SOP) penanganan darurat bencana.

Pada hari terakhir, kegiatan diawali dengan dilaksanakannya Apel Siaga yang dihadiri langsung oleh Muspika Kecamatan Ciawi.

Pengukuhan TIM Kampung Siaga Bencana (KSB) oleh Kepala Desa juga merupakan kegiatan yang termuat dalam susunan kegiatan hari terakhir, yang kemudian diakhiri dengan dilaksanakannya Praktik SOP dalam sebuah simulasi yang berjalan lancar berkat pendampingan dari Tagana Kabupaten Tasikmalaya.

Website : http://ksb.margasari-ciawi.desa.id/

Instagram : https://www.instagram.com/ksbmargasariciawi

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image